Selasa, 28 Maret 2017

Materi & Rumus Arus Listrik Dan Pengukurannya Fisika Kelas 10

ARUS LISTRIK DAN PENGUKURANNYA   
    Arus listrik adalah aliran muatan-muatan listrik yang melalui suatu penghantar. Dalam suatu rangkaian listrik, dapat terjadi arus listrik jika terdapat beda potensial listrik (beda tegangan listrik).
    Semakin banyak muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu dikatakan semakin besar (kuat) arus listriknya. Arah arus listrik dalam suatu rangkaian listrik yaitu dari potensial tinggi ke potensial rendah.
    Kuat arus listrik dapat diukur dengan alat amperemeter, yang dapat dirakit dari alat basic meter yang dipasang dengan Shunt. Beda potensial listrik dapat diukur dengan alat voltmeter, yang dapat dirakit dari alat basic meter yang dipasang dengan Multiflier.

1. Cara membaca skala hasil ukur amperemeter dan voltmeter
    Sebelum Anda mempraktikkan penggunaan amperemeter dan voltmeter, perhatikan contoh membaca hasil ukur dengan amperemeter dan voltmeter berikut.

a. Alat ukur amperemeter















b. Alat ukur voltmeter










2. Dalam Rangkaian alat listrik
    Dalam serangkaian alat diperlukan cara tertentu. Untuk amperemeter harus dipasang secara seri dengan alat listrik, sedangkan voltmeter harus dipasang secara paralel dengan alat listrik. Perhatikan dibawah ini.

a. Rangkaian amperemeter












b. Rangkaian voltmeter












Percobaan 5.1

    Rangkailah alat-alat seperti di atas. Tutup saklar S dan catat besar kuat arus yang mengalir. Ulangi kegiatan ini sampai 2 kali dengan mengubah-ubah posisi tombol hambatan geser dan masukkan hasilnya pada tabel.




Percobaan 5.2

    Rangkailah alat-alat seperti di atas. Tutup saklar S dan catat beda potensial listrik. Ulangi kegiatan ini sampai 2 kali dengan mengubah-ubah posisi tombol hambatan geser dan masukkan hasilnya pada tabel.





* Kuat arus listrik (I)
   Kuat arus adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir melalui suatu penghantar tiap detik.




   
    Besarnya kuat arus yang mengalir melalui rangkaian listrik dapat diukur dengan alat amperemeter

Load disqus comments

0 komentar