Senin, 18 Juli 2016

Hukum Newton II Pada Dinamika Partikel

Hukum Newton II
    Gaya merupakan penyebab perubahan gerak benda. Perubahan gerak benda yang dimaksudkan di sini dapat berarti perubahan kelajuannya atau perubahan kecepatannya.
    Perubahan kecepatan tiap satuan waktu disebut percepatan.
    Adakah hubungan antara percepatan yang timbul pada benda dengan gaya yang bekerja pada benda juga dengan massa benda tersebut? Untuk itu perhatikan hasil percobaan berikut.



Kegiatan I

    Rangkailah alat dan bahan seperti gambar (a) di atas. Gunakan 1 trolly dengan beban yang digantung mula-mula 2 buah, kemudian 3 buah dan selanjutnya 4 buah. Pada saat beban dilepas, ticker timer digetarkan maka selama trolly bergerak pada pita ticker timer terekam ketikannya. Potong-potonglah pita ticker timer dengan setiap potongannya mengandung sejumlah ketikan yang sama (misal 10 ketikan). Susunlah seperti gambar berikut.


Informasi
1) Penambahan beban yang digantung berarti penambahan gaya yang bekerja pada trolly
2) Besar percepatan yang timbul pada trolly sebanding dengan besar sudut kecondongan grafik. 
    Dari grafik yang terlihat pada gambar (b), bagaimanakah hubungan antara percepatan yang timbul pada benda dan gaya yang bekerja pada benda? Kemudian nyatakan hubungan antara percepatan dan gayanya!

Kegiatan II:

    Ulangi langkah kegiatan I tetapi menggunakan beban yang tergantung tetap, sedang jumlah trolly berubah dengan cara menumpuk beberapa trolly. Ternyata dengan menggunakan trolly 3 buah, 2 buah, 1 buah diperoleh grafik seperti terlihat pada gambar (c) berikut.



Informasi:
    Penambahan jumlah trolly berarti penambahan massa trolly.

    Dari grafik yang terlihat pada gambar (c), bagaimana hubungan antara percepatan yang timbul pada benda dengan massa benda tersebut? Kemudian nyatakan hubungan antara percepatan dan massa bendanya!


Kesimpulan
a. Dari hasil kegiatan I dan kegiatan II diperoleh hubungan antara percepatan yang timbul pada benda, massa benda dan gaya yang bekerja pada benda dapat dinyatakan dengan







a    = percepatan (m/s2)
F   = gaya (N)
m  = massa (kg)
Persamaan F = m.a disebut persamaan Hukum II Newton

b. Jika pada sebuah benda bekerja beberapa buah gaya, maka persamaan hukum II Newton dapat dinyatakan dengan ΣF = m . a
c. Massa benda yang diperoleh dari perbandingan gaya yang bekerja pada benda dan percepatan yang timbul pada benda disebut massa kelembaman




Load disqus comments

0 komentar